Friday, October 22, 2021

Sederet Kontroversi Laga Indonesia Vs Vietnam

Laga antara Indonesia Vs Vietnam di Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin 7 Juni 2021, di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G berakhir dengan kemenangan Vietnam dengan skor telak 4-0.

4 gol Vietnam dicetak Nguyen Tien Linh [51’], Nguyen Quang Hai [62’], Nguyen Phueng Cong [67’], dan Van Thanh Vu [72’].

Kemenangan melawan Indonesia ini juga memperbesar kesempatan mereka untuk melaju ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan berstatus jawara Grup B.

Setelah di babak pertama bermain imbang tanpa gol, Vietnam langsung menjebol gawang Indonesia di menit ke 51 melalui aksi Nguyen Tien Linh. Mendapatkan terobosan, dia lolos dari perangkap offside dan melakukan akselerasi lalu melepaskan sepakan kaki kanan, untungnya Arif Satria masih bisa menghalau sepakan tersebut.

Tapi keberuntungan Indonesia berakhir saat bola muntah balik ke Nguyen Tien Linh yang tak menyia-nyiakannya.

Pada menit ke 62’, Indonesia kembali kebobolan oleh sepakan keras Nguyen Quang Hai. Lalu di menit 67’, Nadeo kembali mengambil bola dari sarang untuk kali ketiga yang berawal dari tendangan sudut Xuan Truong Luong. Umpan tersebut sukses dibelokkan Nguyen Tien dan diakhiri dengan sontekan dari Nguyen Phuong Cong.

Saat Indonesia berusaha mengejar, merkeka justru dikagetkan dengan sepakan jarak jauh Van Thanh Vu di menit ke 73’. Skor 4-0 pun bertahan sampai laga bubaran.

Beberapa Kontroversi Indonesia Vs Vietnam

Selain kepemimpinan wasit yang dinilai merugikan Indonesia. Pelatih Shin Tae Yong hingga melakukan protes keras kepada wasit asal Kuwait, Ahmad Alali. Selain itu, tersaji juga beberapa pelanggaran keras yang luput dari pengamatan wasit sampai menimbulkan kontroversi.

Nah, beberapa kontroversi di laga Indonesia Vs Vietnam adalah:

  • Tekling Berbahaya

Dari awal pertandingan, pemain Timnas Indonesia serta Vietnam sama-sama melancarkan permainan tensi tinggi. Hal ini tidak terlepas dari ketatnya rivalitas dari kedua tim yang terjadi pada beberapa tahun terakhir. Akibatnya, muncul beberapa pelanggaran keras. Pemain Garuda Indonesia beberapa kali melakukan tekling keras dengan menggunakan kedua kaki.

Salah satunya ketika Pratama Arhan yang menerjang kaku Nguyen Tuan Ahn menggunakan dua kaki. Sebetulnya wasit membiarkan pertandingan tetap berjalan, namun Nguyen Tuan Ahn masih tersungkur sehingga pertandingan itu akhirnya dihentikan.

Tekling keras dari Arhan itu membuat beberapa pemain Vietnam melakukan protes keras. Bahkan pemain Indonesia ikut pertancing membela Arhan yang tidak mendapat hukuman kartu.

  • Aksi Cekik Do Duy Hanh

Bek Vietnam, Do Duy Hanh, terlihat tengah mencekik Arhan. Hal ini terjadi ketika para punggawa Vietnam melakukan protes pasca insiden tekling keras Arhan pada Nguyen Tuan Anh. Ini diawali kericuhan yang sempat muncul diatas lapangan ketika para pemain kedua tim saling berdebat. Dari situasi ini, terlihat banyak yang cekcok seperti antara Nguyen Tien Linh dan Pratama Arhan .

Kemudian, Do Duy Hanh terlihat semakin emosional dengan gerakan mencekik Arhan. Namun wasit pun juga luput serta hanya memberi tendangan bebas untuk Vietnam.

  • Gol Handball

Gol pertama Vietnam oleh Nguyen Tien Linh di menit ke 51’ juga tidak bisa lepas dari pro kontra. Karena gol itu tersaji selepas Tien Linh terlihat handball sebelum mencetak gol ke gawang Nadeo. Nguyen yang mendapat umpan panjang sempat melepaskan tangannya, namun sanggup dihalau oleh bek Arif Satria. Lalu, bola pantulan dari Aris itu mengenai tangan Tien Linh.

Penjaga gawang Nadeo Argawinata jadi yang pertama menyaksikan handball itu dengan mengangkat tangannya. Ketika bola sudah masuk kedalam gawang, Nadeo langsung mendatangi wasit.

Namun gol itu tetap sah ketika para pemain Indonesia melakukan protes keras. Nadeo kemudian mendapat kartu kuning atas protes yang dia lakukan.

  • Saddam Gaffar Terjatuh di Dalam Kotak Penalti

Indonesia vs Vietnam, dengan keadaan Garuda Indonesia tertinggal 3-0, mereka masih berusaha untuk memperkecil skor. Gelandang Egy Maulana Vikri sempat mendapatkan peluang emas dengan melepaskan sepakan yang masih mengenai tiang gawang.

Lalu, Saddam Gaffar terjadi di area penalti ketika berusaha mengejar bola muntahan tendangan Egy. Namun wasit bergeming dan tetap meneruskan pertandingan.

Read  Apa Itu Badal Haji

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

FansLike
2,990FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

Read  Apa Itu Badal Haji