Tuesday, October 26, 2021

Information Haji 2021: Mulai dari Persyaratan hingga Cara Daftar

Information terkait keberangkatan haji sudah tersebar di banyak media dunia. Ada beberapa negara yang melarang atau membatalkan keberangkatan haji. Namun ada juga negara yang memperbolehkan keberangkatan haji.

Di Indonesia sendiri data haji 2021 yang beredar yaitu keberangkatan haji resmi dibatalkan atau dilarang. Kebijakan ini tercantum dalam keputusan menteri agama republik Indonesia nomor 660 tahun 2021 yang dikeluarkan pada tanggal 3 Juni 2021.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berangkat ibadah haji tahun ini namun tertunda, tidak perlu kecewa, karena kebijakan ini akan diperbarui dan dipertimbangkan kembali ketika keadaan (virus Covid-19) sudah memungkinkan untuk dilakukan aktivitas haji.

Bagi Anda yang masih ingin melakukan pendaftaran haji pada ulasan di bawah ini akan dipaparkan mengenai data haji 2021tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran haji.

Persyaratan dan Cara Daftar Haji Lengkap 2021

Berikut penjelasan data haji 2021khususnya terkait persyaratan dan cara daftar haji yang dapat Anda ketahui.

  1. Datang ke financial institution dengan membawa berkas persyaratan yang sudah ditentukan.

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk melakukan pendaftaran haji yaitu dengan datang ke financial institution. perlu diketahui untuk pendaftaran haji tahun 2021 Anda wajib melakukan setoran awal sebanyak 25 juta.

Jika anda bertanya kenapa harus 25 juta yang disetorkan? Apakah pihak financial institution akan mengambil keuntungan dari setoran ini? Jawabannya adalah TIDAK. Setoran sebesar 25 juta bukan diminta oleh pihak financial institution namun menjadi ketentuan yang dikeluarkan oleh kementerian agama.

Uang 25 juta ini nantinya akan digunakan sebagai setoran awal BPIH ke rekening Menteri Agama. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir, karena keberadaan uang anda dapat terjamin.

Selain uang  25 juta terdapat juga persyaratan lain yang perlu Anda siapkan di antaranya berikut ini.

  1. Fotokopi identitas diri. Identitas diri yang digunakan ya itu KTP, SIM atau paspor.
  2. Fotokopi NPWP

Setelah semua persyaratan Anda penuhi maka, selanjutnya pihak financial institution akan memandu Anda untuk melakukan:

  1. Pengisian formulir pendaftaran untuk pembukaan rekening tabungan haji.
  2. Memberikan setoran awal senilai rp50.000. Setoran awal ini akan digunakan untuk pengisian saldo pada rekening.
  3. Apabila pelunasan uang keberangkatan haji sudah lunas maka pemilik rekening juga dikenakan biaya sebesar rp50.000 untuk penutupan rekening.
  4. Apabila di kemudian hari rekening yang anda miliki rusak, Anda bisa membuatnya kembali di financial institution dan membayar uang sebesar rp10.000.

Apabila proses pembuatan rekening beserta persyaratannya  sudah anda lengkapi dan berhasil diproses oleh pihak financial institution maka selanjutnya Anda akan menerima selembaran persyaratan baru yang harus ada lengkapi untuk pendaftaran reguler haji di kantor kementerian agama.

  • Melengkapi persyaratan yang diberikan oleh pihak financial institution untuk pendaftaran ke kementerian agama

Persyaratan yang perlu anda siapkan untuk daftar haji di kementerian agama antara lain berikut ini.

  1. fotokopi rekening tabungan haji yang sebelumnya sudah anda buat di financial institution sebanyak 2 lembar
    1. Fotokopi identitas diri ( KTP) sejumlah 5 lembar. KTP wajib di fotocopy bagian depan dan belakang KTP.
    1. Fotokopi ijazah/  akta lahir / buku nikah sebanyak 2 lembar
    1. Fotokopi kartu keluarga sebanyak 2 lembar
    1. Fotokopi Surat Keterangan sehat yang didalamnya memuat informasi terkait: berat badan,  tinggi badan, dan golongan darah yang do fotokopi sebanyak 2 lembar
    1. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 17 lembar dan pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar.
    1. Map. Untuk ketentuan warna map akan disesuaikan dengan kebijakan yang di tentukan oleh pihak financial institution. Malam ini akan diberikan langsung oleh pihak financial institution setelah anda selesai melakukan pembukaan rekening tabungan haji.
    1. Apabila persyaratan sudah terpenuhi, Anda Wajib datang kembali ke financial institution untuk melakukan proses verifikasi berkas.
  • Menerima berkas validasi dari financial institution untuk dibawa ke Kantor Kementerian Agama

Setelah persyaratan dilengkapi semua, maka pihak financial institution akan memberikan beberapa dokumen atau berkas yang yang harus kamu bawa ke kantor kementerian Agama. Dokumen yang akan diberikan oleh pihak financial institution kepada anda antara lain

  1. Slip atau struk setoran awal sebagai bukti jika bahwa anda sudah menyetorkan uang sebesar 25 juta sebanyak 1 lembar.
    1. Lembar validasi sebanyak 1 lembar. Lembar validasi menjadi bukti bahwa anda sudah melengkapi semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan.
    1. Surat kuasa dari financial institution asli  (dengan materai) sebanyak 1 lembar.
    1. Surat pernyataan financial institution asli (dengan materai) sebanyak 1 lembar.
  • Mendatangi kantor kementerian Agama

Selanjutnya Anda bisa langsung mendatangi kantor kementerian Agama. A bisa datang di kantor kementerian Agama kota ataupun Kabupaten. Di kantor kementerian Agama anda akan diminta untuk melakukan pengisian formulir untuk penerbitan surat pendaftaran pergi haji (SPPH), pengambilan foto dan sidik jari serta penandatanganan dokumen SPPH. Demikian tadi uraian mengenai data haji 2021 terkait tata cara pendaftaran lengkap dengan persyaratannya. Semoga informasi pada artikel ini bisa bermanfaat.

Read  Ayah Ria Ricis Meninggal, Kabar Enak dan Tak Enak Menghampiri Ria Ricis

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

FansLike
2,997FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

Read  Cara Mengobati Sakit Gigi