Sunday, October 24, 2021

Gelombang 17 Prakerja Diumumkan, Sudah Tahu Cara Mengikuti Pelatihannya?

Hasil seleksi Gelombang 17 Prakerja telah diumumkan pada Kamis, (10/06/2021)  melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id. Selain itu, bagi para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Pengumuman ini juga bisa dilihat melalui laman program Kartu Prakerja www.prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja gelombang ini dibuka sebagai tambahan untuk memulihkan kepersetaan yang dicabut pada gelombang 12-16. Kepersetaan sempat dicabut ini karena para peserta tidak segera membeli pelatihan dalam kurun waktu 30 hari. Adapun kuota pada gelombang ini tidak sebanyak sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

“Sekitar 44.000 (crimson. peserta) karena hanya memulihkan kepersetaan yang dicabut dari gelombang 12-16”, terang Louisa Tuhatu, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Beberapa masyarakat mengeluhkan bahwa mereka tidak lolos pada program Kartu Prakerja. Terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar program ini. Ada beberapa daftar terlarang yang tidak boleh mengikuti program ini.

Daftar terlarang atau blacklist ini merupakan golongan pelajar/mahasiswa, anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, maupun direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD. Golongan lain yang tidak boleh mendapat bantuan Prakerja ialah penerima bantuan sosial dari pemerintah. penerima bantuan ini contohnya ialah penerima DTKS, BSU, atau BPUM.

Kebenaran information ini akan dicek berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK) menggunakan information Dukcapil. Dengan demikian, kecurangan pada proses seleksi tidak akan mungkin terjadi.

Selain proses administrasi, pendaftar Kartu Prakerja juga harus mengerjakan tes seleksi. Tes seleksi ini meliputi tes pengetahuan umum, akademik, kondisi ekonomi, serta beberapa pertanyaan tentang tujuan mendaftar program ini.

Langkah Mengikuti Program Pelatihan Gelombang 17 Prakerja

Bagi peserta yang dinyatakan lolos, berikut merupakan tahapan mengikuti program pelatihan dari Kartu Prakerja:

  1. Cek dashboard laman akun Prakerja untuk melihat ketersediaan dana pelatihan
  2. Pilih salah satu cara pembelian program pelatihan melalui beberapa e commerce yang sudah terpilih seperti Bukalapak , tokopedia dll.
  3. Jika belum memiliki akun dari situs tersebut, buat terlebih dahulu untuk membeli program pelatihan
  4. Sebelum membeli pelatihan pertama, tonton video tentang program Kartu Prakerja di dashboard
  5. Pilih program pelatihan sesuai dengan minat dan kebutuhan
  6. Beli program pelatihan dan bayar menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja
  7. Masukkan nomor Kartu Prakerja untuk membeli program pelatihan
  8. Selesaikan program pelatihan yang dipilih agar dana insentif dapat segera cair

Pastikan untuk membeli program pelatihan dalam kurun waktu kurang dari 30 hari. Jika lebih dari itu, maka kepersetaan Kartu Prakerja akan dicabut. Selalu jaga kerahariaan nomor Kartu Prakerja agar tidak disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Kesempatan menerima kartu Prakerja hanya diberikan satu kali seumur hidup. Maka dari itu, jangan sampai kehilangan kesempatan berharga ini karena lalai. Hal ini dikarenakan banyak peserta yang mendaftar dan tidak lolos. Bahkan beberapa telah menunggu beberapa kali untuk menerima program Kartu Prakerja ini.

Menurut Louisa, gelombang 17 Prakerja merupakan yang terakhir pada semester pertama di 2021. Adapun untuk pembukaan gelombang selanjutnya belum bisa dipastikan ketersediannya.

“Kami masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja”, tutur Louisa dilansir dari Kompas.com.

Jika ingin mendaftar untuk gelombang selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa satu KK hanya bisa dipakai maksimal 2 NIK saja. Maka dari itu, gunakan kesempatan ini semaksimal mungkin untuk menambah keahlian. Setelah menyelesaikan pelatihan, uang insentif akan diberikan sebesar Rp600.000 per bulan sebanyak empat kali.

Pemberian uang insentif ini diharapkan dapat digunakan sebagai modal untuk memulai usaha baru. Selain itu, diharapkan uang insentif ini dapat membantu masyarakat yang sedang tidak bekerja untuk memehuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bagi peserta yang telah lolos pada seleksi gelombang 17 Prakerja, uang insentif bisa gagal cair karena kesalahan administrasi. Berikut adalah tiga hal yang bisa buat uang insentif Prakerja gagal cair:

  1. Nomor handphone belum terdaftar

Pastikan untuk menggunakan nomor handphone yang digunakan untuk e-wallet. Jika belum punya, harap lebih dulu mendaftar akun salah satu e-wallet yang bermitra dengan Prakerja.

  • NIK berbeda

Peserta Prakerja tidak boleh menggunakan NIK orang lain untuk mendaftar. Jika ditemukan perbedaan antara NIK di e-wallet dengan Prakerja, maka insentif tidak akan cair.

  • E-wallet belum improve

Uang insentif Prakerja juga bisa gagal cair jika e-wallet yang dipakai belum improve atau terverifikasi. Pastikan untuk memverifikasi akun terlebih dahulu dengan foto KTP serta swafoto bersama KTP.

Selamat bagi para penerima Kartu Prakerja gelombang 17. Bagi yang belum beruntung, masih ada kesempatan pada gelombang selanjutnya.

Read  Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

FansLike
2,994FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

Read  Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA