Friday, October 22, 2021

Cara Mengobati Cantengan

Cara Mengobati Cantengan

Cantengan adalah kondisi di mana kuku mengalami pertumbuhan ke dalam daging sehingga bisa menyebabkan gejala yang mengganggu. Umumnya yang terlihat dan dirasakan oleh penderita adalah jari bengkak, merah, dan nyeri. Biasanya paling sering terjadi pada ibu jari atau jempol kaki. Kondisi ini umum terjadi sehingga Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengobati cantengan.

Cara Mengobati Cantengan

Caranya sebenarnya tak terlalu sulit, akan tetapi Kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi cantengan itu sendiri. Dari pada penasaran, beginilah cara mengobati cantengan:

  1. Mengobati dengan Cara Alami

Cara mengobati yang pertama bisa dengan cara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara yang satu ini bisa dilakukan sesuai dengan kondisi cantengan yang masih ringan. Artinya masih tidak terlalu nyeri apalagi sampai bernanah. Caranya cukup mudah dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Merendam dengan Air Hangat

Merendam jari kaki pada air hangat akan membuat nyeri menjadi lebih terasa ringan. Nah, Kamu bisa menambahkan sedikit garam sebagai salah satu anti bakteri alami. Lakukan setiap hari secara teratur selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Bisa diulangi hingga 4 kali sehari jika terasa nyeri.

  • Bersihkan Kaki

Selanjutnya, Kamu harus membersihkan kaki dengan menggunakan sabun setiap hari secara teratur. Jika biasanya Kamu melewatkan membersihkan kuku kaki saat mandi, kini Kamu harus melakukannya agar bakteri, kuman, dan jamur segera hilang.

  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila Kamu merasakan nyeri yang luar biasa maka bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti Paracetamol, Ibuprofen, atau Asam Mefenamat. Obat—obatan tersebut bisa dibeli di apotek terdekat karena cukup aman.

  • Jaga Kaki Agar Tidak Lembap Dan Tetap Kering

Berikutnya adalah Kamu harus menjaga kaki agar tidak lembap sehingga selalu kering. Lembap merupakan suasana yang sangat disukai oleh para mikroorganisme patogen.

Sebaiknya hindari penggunaan alas kaki dan kaus kaki yang terlalu ketat dan sempit. Kamu dapat menggunakan alas kaki yang ujungnya terbuka, seperti sandal, jadi kuku tidak mendapat tekanan.

  • Meminta Bantuan Medis

Perlu diketahui bahwa jari kaki yang cantengan tak bisa dianggap remeh. Apabila dengan pengobatan di atas tidak mengalami perubahan apalagi menunjukkan tanda-tanda infeksi maka harus segera dibawa ke dokter.

Infeksi yang terjadi biasanya ditandai oleh rasa nyeri yang semakin kuat, jari kaki membengkak lebih besar, kemerahan makin terlihat, hingga timbul nanah dan bau menyengat.

Apabila hal ini terjadi pada Kamu maka segera datangi fasilitas kesehatan terdekat. Untuk mengobatinya, biasanya dokter akan melakukan operasi kecil pada bagian yang cantengan tersebut.

Karena masalah yang paling utama adalah kuku maka dokter biasanya akan mencabut baik sebagian atau seluruhnya. Kemudian, untuk mengatasi infeksi yang terjadi umumnya dokter akan memberikan resep berupa obat antibiotik baik yang minum atau oles sesuai dengan kebutuhan.

Setelah ini bukanlah sebuah akhir namun Kamu juga harus melakukan perawatan yang lebih ekstra. Ya, kemungkinan infeksi bisa lebih tinggi apabila tidak disertai dengan perawatan yang sesuai dengan yang disampaikan dokter.

Untuk merawatnya, biasanya dokter akan memberikan saran untuk rutin menggunakan obat yang diberikan, meninggikan space kaki, tidak banyak melakukan aktivitas berat, merendam kaki dengan air bersih dan garam.

Kuku yang dicabut, nantinya akan tumbuh kembali menjadi kuku yang baru dan pastinya lebih bagus. Namun, Kamu harus merawatnya agar tidak cantengan lagi dengan cara:

  1. Memotong kuku dengan lurus dan jangan terlalu pendek, jangan memotong kuku melengkung karena di bagian samping biasanya akan menancap pada bagian daging.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman, jika bisa gunakan alas kaki yang terbuka atau bersirkulasi. Cuci sepatu dan kaus kaki jika kotor.
  3. Jangan lupa mencuci kaki dengan sabun saat mandi
  4. Pastikan kuku kering saat ingin memakai kaus kaki

Nah, itu dia beberapa cara mengobati cantengan yang benar. Jadi, Kamu tak boleh sembarangan dalam menangani cantengan karena harus disesuaikan dengan kondisinya. Jika tidak parah bisa ditangani sendiri namun jika sudah parah sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Read  Cara Daftar Cpns 2021

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

FansLike
2,991FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

Read  6 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Game Offline